Selasa, 20 Desember 2011

ALEL GANDA


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah                                                                                                
Bila seorang pengajar mengatakan kata alel, yang terbayang dibenak kita adalah sepasang gen yang terdiri dari dua anggota yang masing-masing terletak pada lokus (tempat) yang sama dalam pasangan kromosom yang homolog.                                                                                                          Belum banyak yang mengetahui bahwa dalam alel itu ada yang disebut sebagai alel ganda beserta contoh dan komponen-komponen yang terdapat didalamnya. Contoh sedeRhananya adalah darah yang memberikan peranan amat penting untuk kehidupan suatu organisme.                                                     Masyarakat luas sudah tidak asing lagi dengan kata golongan darah atau transfusi darah atau bahkan tak heran dengan berbagai variasi warna bulu pada kelinci. Namun pengetahuan mereka hanya sebatas itu tanpa mengetahui apa hubungannya dengan alel ganda yang terdapat pada gen.                                   Alel ganda bukan hanya sebatas ada pada manusia melainkan pada hewan dan tumbuhan pun alel ganda itu ada. Tetapi ada perbedaan antara alel ganda pada manusia, hewan, dan tumbuhan.                                                                                   
B.       Rumusan Masalah                                                                                                         Berdasarkan latar belakang di atas kami merumuskan beberapa permasalah yaitu sebagai berikut :
1.         Apa yang dimaksud dengan alel ganda serta bagaimana perhitungan frekuensi alel ganda?
2.         Jelaskan contoh-contoh alel ganda pada manusia, hewan dan tumbuhan!
3.         Bagaimana sistem golongan darah?
4.         Bagaimana peranan faktor Rh dalam dunia kesehatan?                                                                                                                                                                                                                                                              
C.      Tujuan Penulisan                                                                                                           Berdasarkan rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan:
1.         Pengertian dan cara perhitungan frekuensi alel ganda
2.         Contoh-contoh alel ganda pada manusia, hewan dan tumbuhan
3.         Sistem golongan darah pada manusia
4.         Peranan faktor Rh dalam dunia kesehatan                                                              
D.      Manfaat Penulisan                                                                                             Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:
1.         Penulis, sebagai wahana penambah pengetahuan dan konsep keilmuan khususnya tentang materi Alel Ganda.
2.         Pembaca/guru, sebagai media informasi tentang konsep penelitian tindakan kelas baik secara teoritis maupun secara praktis.
3.         Bagi Intansi, mudah-mudahan dengan adanya makalah ini, pihak yang bersangkutan biasa mengukur sejauh mana proses pemahaman materi yang telah dipelajari kami.                                                                                             
E.       Metode Penulisan                                                                                                           Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode literatur yakni membaca dari buku-buku sumber dan dari artikel-artikel dalam internet.









BAB II
PEMBAHASAN

Genetika adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat keturunan (hereditas) serta segala seluk beluknya secara ilmiah. Orang yang dianggap sebagai “Bapak Genetika” adalah Johan G. Mendel. Orang yang pertama mempelajari sifat-sifat menurun yang diwariskan dari sel sperma adalah Haeckel (1868).
Beberapa sifat keturunan pada manusia, hewan dan tumbuhan sangat ditentukan oleh pengaruh alel ganda.

A.      Alel Ganda                                                                                                                      Menurut letaknya, gen yang terletak pada kromosom disebut kromogen dan gen yang terletak pada plasma sel disebut plasma gen.                               Alel adalah gen-gen yang terletak pada lokus yang sama dalam kromosom homolog.bila dilihat dari pengaruh gen pada fenotif, alel adalah anggota dari sepasang gen yang memiliki pengaruh berlawanan. Jadi, alel adalah gen-gen yang terletak pada lokus yang sama serta memiliki tugas yang sama atau hampir sama.                                                                                                                    Pada individu homozigot, pasangan kedua alel mempunyai simbol-simbol yang sama, misalnya BB, MM . Sedangkan genotif heterozigot pasangan kedua alel mempunyai simbol yang tidak sama misalnya Bb, Mm. Namun Bm dan bM bukan alel.                                                                                           Alel ganda adalah bila dalam satu lokus pada sebuah kromosom ditempati oleh beberapa (lebih dari satu pasang alel) atau suatu seri alel. Meskipun demikian, pada individu diploid (individu yang tiap kromosomnya terdiri atas sepasang kromosom homolog) banyaknya alel yang ada pada suatu lokus, yang muncul hanya sepasang. Secara matematika hubungan antara banyaknya anggota alel ganda dan macam genotif individu diploid dapat diformulasikan sebagai berikut :                                                                                                               Banyaknya macam genotif                                       Perhitungan frekuensi alel ganda dapat dihitung dengan cara:
1.    Persamaan ( p + a ) = 1 hanya berlaku apabila terdapat dua alel pada suatu lokus dalam autosom. Apabila lebih banyak alel yang ikut mengambil peranan, maka dalam persamaan harus digunakan lebih banyak simbol.
2.    Berdasarkan hukum kesetimbangan Hardy-Weinberg untuk golongan darah sistem ABO, rumusnya adalah:                                                       
Frekuensi golongan darah A          =
    
Frekuensi golonngan darah B        

Frekuensi golongan darah AB       

Frekuensi golongan darah O         
 
Sehingga nilainya  
                                 
B.       Contoh-Contoh Alel Ganda Pada Manusia, Hewan Dan Tumbuhan
Contoh alel ganda yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah sistem golongan darah ABO pada manusia, warna bulu pada kelinci, pigmen mata pada lalat Drosophila melanogaster dan alel s pada tanaman.
1.    Alel ganda pada manusia (pada golongan darah sistem ABO)
Pada golongan darah ini, ada tiga macam alel yang didominasinya berbeda dengan pada warna bulu kelinci.
Golongan darah
Macam genotif
AB
IA IB
A
IA IA ; IAi
B
IB IB ; IBi
O
Ii (IOIO)

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa:
Gen IA dominan terhadap i atau IO
Gen IB dominan terhadap I atau IO
Gen I (IO) adalah resesif berfenotif golongan darah O
Sedang IA dan IB sama-sama dominan terhadap I sehingga genotif IAIB berfenotif golongan darah AB. Jadi, gen I (IO) mempunyai alel IA dan alel IB.
2.    Alel ganda pada kelinci
Alel ganda pada bulu kelinci adalah adanya empat alel yang sama-sama mempengaruhi warna bulu, dan berada pada lokus yang sama.
Warna bulu kelinci dengan gen W memiliki beberapa alel yang berturut-turut dari yang berdominan:  W  >  Wk  >  Wh   >  W
Gen W        : fenotip kelabu
Gen Wk      : fenotif kelabu muda (Chinchilla)
Gen Wh      :fenotif Himalaya, yaitu berwarna putih dengan ujung           hidung, ujung telinga, ekor dan kaki berwarna kelabu gelap.
Gen W        : fenotif Albino (tak berpigmen)
Keterangan:
·         Kelabu dominan terhadap ketiga warna yang lain (kelabu muda, Himalaya, dan Albino).
·         Kelabu muda dominan terhadap Himalaya dan Albino.
·         Himalaya dominan terhadap Albino.
·         Albino adalah gen resesif
Kemungkinan genotifnya sebagai berikut:
Fenotif
Kemungkinan genotif
Kelabu (normal)
WW, WWk, WWh, WW
Kelabu muda (Chinchilla)
WkWk, WkWh, WkW
Himalaya
WhWh, WhW
Albino
WW

Contoh:
Seekor kelinci chinchilla heterozigot yang disilangkan dengan kelinci Himalaya heterozigot akan memperoleh keturunan albino, lihat persilangan berikut!
P                    WkW               ><                    WhW

1 komentar:

  1. Mana tumbuhannya ?? dijudul ada pada manusia, hewan, dan tumbuhan?

    BalasHapus